Navigation

Friday, December 03, 2010

Shimoda Asami feat. Kagamine Rin/Len - Prism

Iya, gw tau ini review-nya telat n basi karena albumnya udah dari jaman jebot -_-"

Btw, sekedar info, gw ini buta nada n musik, jadi nge-review berdasar apa yang gw denger aja, jadi gomen kalo review ini sangatlah tidak profesional -_-"

Tanggal rilis: 10 Juni 2009
Label: Universal Japan

Tracklist

1. Kokoro (Composer: Toraboruta-P)
  • Salah satu lagu Rin yang paling terkenal. Aransemen di album ini sama kayak aslinya, yang bikin beda tentu aja suara Rin oleh Shimoda Asami di sini terdengar jauh lebih moe. Versi asli Kokoro sebenernya juga bagus, tapi yang ini terdengar lebih imut, meski harus gw akui, suara Rin sebagai robot kurang terasa di sini (lebih terasa di versi asli).
2.  Daybreak (Composer: samfree)
  • Kali ini lagu Daybreak dinyanyikan langsung dengan suara Shimoda Asami. Dibanding versi aslinya, versi ini lebih terdengar semangat n hidup. 
3. Rival (Composer: Signal-P)
  • Masih dengan suara Shimoda Asami, sama seperti Daybreak, versi ini jauh lebih hidup.
4.Ganbarouyo (Composer: Toraboruta-P)
  • Aslinya lagu ini lagunya Len, tapi di sini dinyanyikan dengan suara asli Shimoda Asami. Dibanding versi aslinya, versi ini sama bagusnya, ga menghilangkan kesan asli lagunya, malah menambahkan kesan "Ganbatte" di lagu ini ^^
5. Otenba Hime no Uta (Composer: Toraboruta-P)
  • Masih lagunya Toraboruta-P, lagu yang berisi tentang "The Tomboy Princess" ini di sini kedengeran lebih imut n moe kebanding versi aslinya. Di versi asli Rin terdengar lebih tomboy. Kesan tomboyish-nya emang agak hilang di sini, tapi lagu ini masih bagus, penekanan lagu di sini juga lebih kebanding versi aslinya ^^
6. RinRinSignal (Composer: Signal-P)
  • Akhirnya setelah 5 track awal dengan suara Rin dan Shimoda Asami, di track ke-6 ini suara Len oleh Shimoda Asami muncul! Menurut gw pribadi, ini salah satu lagu paling bagus di album ini. Penjiwaan lagunya jauh lebih baik kebanding versi aslinya. Di sini Rin bener-bener terasa berjuang memanggil Len dengan semangat, n suara Len juga terdengar jernih n hidup di sini. Abis denger versi ini, versi aslinya bakal terasa agak datar!
7. Itazura Musume (Composer: samson-P)
  • Masih dengan suara Rin, di sini lagu terdengar "hidup". Suara Rin kedengeran "jail" di sini ^^"
8. soundless voice (Composer: Hitoshizuku-P)
  • Lagu Len kembali dinyanyikan dengan suara Shimoda Asami. Lagu ini tentang Len yang rela berkorban demi mendengar suara Rin lagi. Sebagus versi asli, di sini penjiwaan dan penghayatannya pas (good job, Asapon! >.<)
9. Zenmaijikake no Komoriuta (Composer: mothy)
  • Kali ini dengan suara Rin, lagu ini jadi terdengar sangat imut n moe kebanding versi aslinya yang entah mengapa agak datar (mungkin berhubungan dengan peran Rin sebagai Clocktower di lagu ini). Ada kesan robotic yang hilang, tapi versi ini juga ga kalah bagus dari aslinya.
10. South North Story (Composer: mothy)
  • Duet Shimoda Asami n Rin ^^ Sebagus versi aslinya, sayangnya di sini bagian Len ga ada T_T
11. Roshin Yuukai (Composer: iroha(sasaki))
  • Kalo di versi aslinya ada kesan dark, di sini kesan yang timbul itu light, mungkin karena suara Rin di sini jadi lebih imut. Sama bagusnya dengan versi aslinya ^^
12. Gemini (Composer: DixieFlatline)
  • Duet lagi antara Shimoda Asami x Rin. Kesan versi asli agak hilang di sini, versi ini masih bagus sih, tapi penggemar Len pasti agak protes karena bagian Len ga ada (lagi) ^^"
13. Prism (Composer: Signal-P)
  • Kali ini masih dengan suara Shimoda Asami, lagu terakhir di album ini sama bagusnya dengan versi asli ^^
Overall Review:
Album Prism ini berisi lagu-lagu Rin/Len yang dinyanyikan ulang oleh voice provider mereka, Shimoda Asami. Hal yang paling menonjol waktu pertama kali denger album ini adalah: suara Shimoda Asami di album ini ga sama dengan suara software-nya (di album ini suaranya terdengar lebih moe) dan ga semua lagu di album ini dinyanyikan dengan suara Rin/Len, ada juga yang memang menggunakan suara Shimoda Asami sendiri (bukan dengan suara Rin/Len). Secara keseluruhan, lagu-lagu yang dinyanyikan langsung oleh Shimoda Asami bisa "menghidupkan" lagu-lagu yang ada. Banyak lagu yang versi aslinya datar, robotic, kurang penjiwaan dan penekanan, di album ini jadi terdengar lebih "imut" dan mengena. Selain jadi lebih hidup ada juga lagu yang suasananya berubah karena perbedaan jenis suara, misalnya Roshin Yuukai, di album ini terdengar lebih moe, jadi kesan yang timbul langsung beda kebanding pas denger versi aslinya.

Untuk download album ini, klik di sini. ^^

No comments:

Post a Comment